welcome

Voting

Minggu, 18 April 2010

PERUBAHAN BENTUK

Bentuk-bentuk yang di pahami hasil dari perubahan bentuk suatu benda. Melalui tahapan atau variasi-variasi yang timbul akibat perubahan (manipulasi) dari dimensi atau akibat penambahan atau pengurangan elemen-elemen yang ada.
Perubahan Dimensi
Bentuk dari sesuatu yang dapat di ubah dengan mengganti salah satu atau beberapa bagian (dimensinya) dengan akan tetap mempertahankan cirri khas (identitasnya) sebagai bentukan anggota dari bagian suatu bentuk.
Perubahan Dengan Pengurangan
Bentuk dari sesuatu yang dapat di kurangi sebagian volumenya. Tergantung dari seberapa banyaknya bagian yang di kurangi,akan tetapi masih bisa mempertahankan identitasnya bila bentuk itu akan di rubah berbeda sama sekali dari bentukan aslinya.
Perubahan Dengan Penambahan
Bentuk dari sesuatu yang dapat di ubah dengan menambah unsur-unsur tertentu kepada volume bendanya atau dengan cara menghubungkan benda lain terhadap volume yang sudah ada. Proses atau sifat-sifat penambahan serta jumlah ukuran yang relatif akan menentukan identitas bentuk asal masih dapat di pertahankan atau di rubah.
PERUBAHAN DIMENSI
Bentuk dari suatu dapat di ubah dengan mengganti salah satu atau beberapa dimensinya dengan akan tetap mempertahankan identitasnya sebagai anggota bagian dari suatu bentuk .

• Sebuah bentukan dari bola dapat di rubah menjadi bentuk elips dengan cara memperpanjang salah satu sumbunya.
• Sebuah piramida dapat di ubah bentuknya dengan cara merubah dimensi dasarnya,atau memodifikasi ketinggian puncaknya atau dengan memindahkan kedudukan dari titik puncaknya.
• Sebuah kubus dapat dirubah dengan merubah bentuk persegi panjang prismatik dengan cara memperpendek atau memperpanjang tinggi,lebar,dan tebalnya. Sebuah kubus juga dapat di rubah menjadi bentuk – bentuk prisma serupa dengan mengubah ukuran tinggi,lebar,atau panjangnya.

PERUBAHAN DENGAN PENGURANGAN
Sesuatu bentuk dapat di ubah dengan mengurangi sebagian dari volumenya. Bentuk – bentuk yang beraturan volumenya hilang sebagian, masih dapat mempertahankan identitas formalnya jika menganggap sebagai bentuk yang tidak lengkap. Atau di sebut sebagai bentuk – bentuk yang di kurangi.
Bentuk – bentuk geometri sangat mudah untuk di kenali, bentuk geometri merupakan bentuk yang sederhana yang dapat secara langsung menerima potongan. Bentuk – bentuk ini masih akan tetap mempertahankan identitas formalnya jika sebagian volumenya di hilangkan tanpa merusak sisi,sudut, dan profil keseluruhan.
Sebuah bentuk dapat mempertahankan identitasnya walaupun ada bagian - bagianya yang di hilangkan atau di ubah.yang tergantung dari banyaknya pengurangan suatu bentuk mampu mempertahankan identitas asalnya atau di ubah menjadi suatu bentukkan yang lain sama sekali.
PERUBAHAN DENGAN PENAMBAHAN
Suatu bentuk dapat di ubah dengan bentuk penambahan unsur-unsur tertentu pada volume bendanya atau menghubungkan benuk tambahan lain pada volume bentuk yang sudah ada.
Sifat dari proses penambahan serta jumlah ukuran relatif unsur yang di tambahkan akan menentukan identitas bentuk asal akan tetap di pertahankan atau berubah.
Kemungkinan – kemungkinan dasar untuk penggabungan dua bentuk atau lebih adalah :
• Gaya tarik ruang : pada tipe hubungan ini yang terjadi karena kedua bentuk relatif berdekatan satu dengan lainnya, atau saling membagi/memberikan sifat visual yang umumnya seperti wujud,warna,atau material.
• Hubungan antar sisi : pertemuan antar sisi yang mempunyai bentuk – bentuk yang dapat berporos pada sisi tersebut.
• Hubungan antar permukaan bidang : tipe pertemuan antar bidang ini bentuk – bentuk memiliki bidang yang datar sejajar satu sama lain.
• Ruang – ruang yang saling terkait : tipe dengan volume – volume ruang yang saling berkaitan, bentuk ruang tersebut saling berkaitan menembus ke dalam masing – masing ruang, untuk bentuk ini tidak perlu memiliki kesamaan visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar