welcome

Voting

Selasa, 24 November 2009

Arsitektur Modern



ARSITEKTUR MODERN


1. Arsitektur Brutalisme dan Neo Brutalisme


Merupakan arsitektur modern yang pada dasarnya memiliki bentuk yang menyimpang dari bentuk-bentuk biasa yang sudah ada masa sebelumnya. Banyak arsitektur modern awal dapat dikategorikan sebagai arsitektur brutal, Le corbusier (kapel Noter Dame Ronchamp), Paul Rudolph (Yale School of Art and Architecture), I.M. Pei (museum Everson), Kenzo Tange dengan bentuk sculptural abstrak total juga merupakan ungkapan konsep brutalisme. Sistem konstruksi beton exposed yang berhubungan dengan beton brut, yg artinya beton kasar, menandai bangunan brutalisme ini. 


Arsitek modern yang hasil karyanya dapat dikategorikan dalam brutalisme adalah James Stirling, Inggris. Karya-karyanya antara lain: 
Gedung Leicester University Engineering, Inggris, 1959-1963

 

Leceister University


Berupa satu unit tetapi terdiri dari elemen-elemen geometris yang berbeda bentuk satu dengan yang lain. Di tengah unit paling tinggi dan menonjol dari lainnya bearbentuk huruf L siku sama sisi, bertrap-trap semakin ke atas semakin tipis, tangga dan lift dibuat terpisah-menempel pada bagian ini. Dari luar terlihat seperti sebuah menara kembar. 


Di sudut bawah siku huruf L terdapat hall cukup luas beratap kaca tinggi seperti kristal dan miring sampai lantai bawah. Struktur kaca tersebut terbuat dari kabel dan batang baja. Di sisi lain terdapat ruang-ruang lain tidak tinggi beratap datar untuk teras. Adanya kontras dan “tegangan” antara bidang-bidang massif dengan warna bata merah exposed dengan bidang-bidang kaca memberikan daya tarik tersendiri. 
Gedung Fakultas Sejarah, Universitas Cambridge, Inggris




 
2.Arsitektur Art Nouveau

Art Nouveau yang muncul di sekitar tahun 1861 di Inggris sering dilihat sebagai pemberontakan atas nilai-nilai Victoria (ratu Inggris waktu itu). Bentuk-bentuk artistik di zaman itu sangat berkiblat pada gaya klasik Yunani Roma yang didominasi oleh bentuk-bentuk geometris primer seperti segi tiga, segi empat, elips dan lingkaran.

Desain Gaudi mencerminkan kualitas keberagaman, sangat ekspresif dan memiliki cita rasa unik, serta keunggulan struktur. Hasil dari setiap detail desainnya membuat Gaudi sebagai inovator bagi pergerakan gaya Art Nouveau Spanyol.
Salah satu karyanya yang menjadi fenomena dan masterpiece adalah Sagrada Familia Church (1882), bangunan yang memiliki gaya arsitektur Art Nouveau ini mempunyai detail yang unik, dan juga banyak mengandung arsitektur simbolisme, seperti dua menara tertingginya (125 meter) dipersembahkan untuk Yesus Kristus dan Bunda Maria, menara lonceng sebanyak 12 buah melambangkan 12 para Rasul, dan 4 menara untuk para pengarang Injil.Gaudi meninggal pada tahun 1926 di Barcelona.

Karya – karyanya :






Casa Batllo 1904-1906
 

Sagrada Familia Church 1882




Casa Mila 1905


Colonia Guell 1898


Park Guell 1900

 3.Arsitektur Historicism 
Merupakan aliran arsitektur Post Modern yang paling awal munculnya yang ingin tetap memunculkan komponen bangunan dari komponen klasik. Penganut aliran ini ingin tetap menampilkan komponen-komponen bangunan yang berasal dari komponen-komponen klasik tetapi ditampilkan dengan penyelesaian yang modern, misalnya bentuk klasik yang dulunya menggunakan bahan dari kayu diganti dengan bahan beton tetapi diberikan ornament. Ciri – ciri :      Menggunakan unsur – unsur yang antik atau pemakaian elemen-elemen klasik (misalnya Ionic, Doric, dan Corinthian) pada bangunan.
Tokoh – tokoh :      Alan Colquohoun, Paul Wallot, Aero Saarinen, Phillip Johnson, Robert Venturi, Kisho Kurokawa, Kyonori Kikutake.


4.Arsitektur Organik



Arsitektur organik adalah sebuah konsep arsitektur dimana ruang dan bentuk dipadukan. Ruang menjadi pusat pemikiran Wright sejak awal perancangan, dipandang sebagai media dari berbagai intensitas kegiatan, mempunyai karakter psikologis, nilai dan bertujuan mengangkat harkat aktivitas manusia. Museum Guggenheim merupakan contoh sempurna dari filsafat organik Wright, dimana denah, potongan dan pandangan dari luar secara bersamaan menyatu secara meyakinkan dalam bentuk tiga dimensi dan ruang, diwujudkan dalam konstruksi beton spiral.

“Love of an idea, is the love of God”, terukir manis di nisannya di Wisconsin. Betapa dalam cinta Frank kepada Tuhan sehingga perlu berpesan demikian. Tuhankah yang selama ini ia tuju dalam seluruh pencarian, adikarya dan dedikasinya di dunia arsitektur ? Mestinya kita mengiyakan, karena apapun yang kita lakukan di dunia akan berpulang kepada-Nya jua. Di bidang arsitektur, Wright sudah memberi teladan. 
Wright adalah arsitek legendaris kelas dunia. Pengaruhnya sampai Indonesia dan menjadi panutan sebagian arsitek yang merancang desain rumah kita. Karir Wright bertahan ¾ abad, tak tertandingi dalam output-nya. Bayangkan, sekitar 500 desainnya berhasil dibangun, tersebar di lebih 37 negara/ lokasi, diantaranya di Irak, Jepang, Kanada, Mesir, Inggris selain di Amerika sendiri, yang bagai museum terbuka yang sangat luas bagi seni Frank Lloyd Wright. Wright seorang seniman produktif yang imaginasinya berlanjut melebihi masa panjang karirnya. Tak berlebihan jika Wright di sebut arsitek sepanjang masa. 


5.Arsitektur Romantisme
arsitektur itu berperan besar dalam kisah cinta seseorang? Contohnya aja.. legenda cinta abadi yang tertuang dalam bentuk MASJID TAJ MAHAL, legenda tangkuban perahu, demi cinta berjuang membuat candi,dan masih banyak lagi.

Romanticism adalah gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di Eropa Barat, dan memperoleh kekuatan selama Revolusi Industri. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, lalu menempatkan penekanan pada rasa kegemparan, kengerian dan kekaguman, terutama pada pengalaman menghadapi keelokan alam yang indah dan berkualitas.
Sepanjang Romanticism seni arsitektur konsisten menjalankan dua prinsip :
  • Sebuah rasa yang dapat menembus perpecahan dalam diri manusia yang sama
  • Pengalaman yang dapat meliputi keinginan untuk melepaskan diri
  • Dalam arsitektur, Romantisisme dapat dilihat dalam dua cara. Yang pertama adalah idealisasi gagasan tertentu, yang kedua cara Romantisisme mengungkapkan idealisasi ini. Dalam pengertian psikologis, untuk melihat sebuah bangunan, ia harus cukup sederhana dalam unsur-unsur untuk membentuk suatu totalitas. Arsitektur menjadi romantis ketika gaya dekorasi dari rincian atau keseluruhan bentuk konflik yang bersimpati dengan kesadaran rasional. Romantisme melepaskan diri dari kenyataan dan keteraturan dan pada dasarnya adalah tentang perasaan dan imajinasi, sehingga menghasilkan detail yang berlimpah.

 

 6.Arsitektur Post modern

Postmodernity atau postmodern arsitektur adalah suatu periode yang muncul pada tahu 1950. Postmodern di dalam arsitektur biasanya bergaya jenaka dan menempatkan ukiran pada bangunannya sebagai jawaban atas gaya internasional yang resmi.

Contoh yang klasik tentang arsitektur modern adalah Lever House dan bangunan Seagram dalam ruangan komersil. dan arsitektur Frank Llyod Wright dalam gaya Bauhaus. Contoh postmodern arsitektur adalah Bagunan Portland di Portland OP,dan bangunan Sony ( New York ) yang meminjam acuan dan unsur-unsur dari masa lalu dan mengajukan lagi simbolisme dan warna klasik ke dalam arsitektur. Suatu contoh inspirasi utama untuk postmodern arsitektur dan bangunan gaya ini berada sepanjang Las Vegas di pelajari oleh Robert Venturi pada bukunya tentang Las Vegas.














7.Arsitektur Visionary

Arsitektur Visionary adalah nama yang diberikan kepada arsitektur yang secara tertulis atau mempunyai kulitas Visionari. É tienne-Louis Boullée, Claude Nicolas Ledoux dan Jean-Jacques Lequeu adalah salah satu contoh paling awal arsitektur Visionary. Lalu Arsitektur Giovanni Battista Piranesi, Antonio Sant'Elia dan Buckminster juga dimasukkan. Kemudian menyangkut abad 20, ada pergerakan disain secara ilmu bangunan seperti Archigram, Archizoom dan Superstudio.



8.Arsitektur Fungsional
Fungsionalisme di dalam arsitektur adalah prinsip arsitek yang mendisain suatu bangunan didasarkan pada tujuan dan fungsi bangunan tersebut. Pada awal abad ke 20, Chicago dengan arsitek Louis Sullivan mempopulerkan ungkapan ' bangunan yang mengikuti fungsi' untuk menangkap suatu ukuran, ruang dan karakteristik dalam bangunan harus terlebih dahulu di tujukan semata-mata kepda fungsi dari bangunan tersebut. Implikasi bahwa jika aspek yang fungsional dicukupi, keindahan arsitektur akan secara alami mengikuti.
 

9.Arsitektur Techno
arsitektur techno artistic yang berkembang pada akhir tahun 1980 dan awal 1990. Techno artistic adalah perkembangan yang dramatis dan kompleks dari gerakan metabolisme dengan teknologi yang lebih besar dan maju.

Ciri – ciri utama dari techno artistic adalah memiliki konstruksi utama metal dengan logam dan penonjolan bahan – bahan pabrikasi terutama dari metal, baja tahan karat dan kabel – kabel baja ditonjolkan baik pada ruang dalam maupun ruang luar. Elemen arsitekturalnya lebih ditekankan pada konstruksi, mekanikal elektrikal yang diekspos menjadi bagian dekoratif, eslain itu bisa juga mengekspos elemen bangunan lain seperti tangga, koridor, mekanika (cerobong, pipa, saluran, tangki air dan lain – lain)

Pada mulanya kemunculan bangunan arsitektur yang bergaya techno artistic pada jaman modern awal dianggap bukan hasil seni tetapi hasil industri, buatan pabrik yang tidak bernilai seni. Akan tetapi bangunan techno artistic tetap saja menarik perhatian para penikmat arsitektur dan turut memperkaya jenis gaya – gaya arsitektur bangunan di dunia.
 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar